PELATIHAN LITERASI DIGITAL MELALUI WEBINAR MAKIN CAKAP DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN 4 PILAR LITERASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.59408/jasw.v4i1.62Keywords:
Literasi Digital, Pelatihan Webinar, Keamanan Digital, Pembelajaran Partisipatoris, IndonesiaAbstract
Transformasi digital Indonesia menuntut penguatan literasi digital lintas segmen masyarakat. Penelitian ini mendokumentasikan implementasi webinar “Indonesia Makin Cakap Digital” sebagai narasumber, dengan fokus pada rancangan, pelaksanaan, luaran, serta pembelajaran yang selaras dengan 4 Pilar literasi digital yaitu Cakap, Aman, Budaya, dan Etika. Kurikulum 4 Pilar disusun dari modul resmi lalu dikontekstualisasikan dalam paparan dalam pelatihan dalam bentuk webinar. Pelaksanaan webinar dilakukan 2 kali oleh penulis pada September 2021 dan Juni 2022. Alur pelatihan dimulai dari pendaftaran, presensi, dan penilaian terintegrasi pada Event Management System (EMS). Narasumber atau penulis juga sudah lulusan TOT dari Kominfo. Sedang alur webinar mengikuti standar nasional. Luaran yang dikompilasi meliputi daftar hadir berikut skor pascates, dokumentasi foto atau rekaman, video rangkuman 3 menit dengan CTA, serta siaran pers dari pihak eksternal. Hasil kegiatan menunjukkan penguatan pemahaman 4 Pilar dari peserta. Pada khususnya keamanan digital dan kesiapan bertindak preventif. Praktik pembuatan konten yang lebih aman, beretika, dan relevan dengan kebutuhan lokal juga dipaparkan. Pembelajaran kunci meliputi pentingnya desain pelatihan berbasis kebutuhan, metode partisipatif dengan praktik langsung, dan integrasi aspek keamanan dan etika selain keterampilan teknis. Model webinar Makin Cakap Digital efektif, skalabel, dan replikatif lintas wilayah bila dipadu pendampingan pasca-pelatihan dan pelibatan multipihak.
References
Andriani, J. “Best Practice Kegiatan Literasi di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.” Journal of Documentation and Information Science 5.2 (2021): 93–100. Web.
Harjono, H. S. “Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 8.1 (2018): 1–7. Web.
Hikmawan, M. D., and B. Nurrohman. “Galinesa (Gerakan Literasi Internet Desa) dalam Mendorong Pemanfaatan Marketplace untuk Pengembangan Usaha BUMDes Desa Cilayang Guha.” Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.1 (2022): 11–18. Web.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. Indonesia Makin Cakap Digital: Modul Literasi Digital 2021. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2021. Web.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. Roadmap Literasi Digital Indonesia 2025–2029: Laporan Substantif. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2023. Web.
Nugroho, D. “Digitalisasi UMKM sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Pascapandemi.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Berkelanjutan 8.2 (2021): 19–30. Web.
Praseptiawan, M., E. D. Nugroho, and A. Iqbal. “Pelatihan Sistem Informasi Desa untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Perangkat Desa Taman Sari.” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4.1 (2021): 521–528. Web.
Purba, B. M. M., et al. “Pelatihan Literasi Digital bagi Guru untuk Meningkatkan Digital Pedagogik dalam Pembelajaran di Sekolah Permata Harapan 2 Batam.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5.2 (2024): 3152–3157. Web.
Purba, R., et al. “Pelatihan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Swasta Surya Pematangsiantar.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6.1 (2025): 738–743. Web.
Rahmadi, A. N., and N. J. L. Fitria. “Pelaksanaan Webinar ‘Makin Cakap Digital’ sebagai Pemberdayaan Pandu Digital Daring untuk Masyarakat Indonesia.” Journal of Social and Policy Issue 2.2 (2022): 78–87. Web.
Setyaningsih, R., and S. N. Utama. “Pendampingan Literasi Digital untuk Pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Biting.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.12 (2022): 3265–3278. Web.
Suhardi, D., et al. “Membangun Kesadaran dan Memperkuat Keterlibatan: Merangkul Potensi Pajak Bumi dan Bangunan sebagai Aset Bersama dalam Mewujudkan Visi Kemakmuran Desa Sutawinangun, Kedawung, Cirebon.” PUBLICA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.3 (2024): 96–108. Web.
Suri, I., and U. Halim. “Literasi Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Entrepreneurship Masyarakat Desa Cirumpak Kabupaten Tangerang.” Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2.3 (2022): 32–41. Web.
Winarsih, T., et al. “Pelatihan Literasi Digital sebagai Pembangkit UMKM Desa Jatirejo.” Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2.3 (2022): 127–133. Web.
Wibowo, Y. G. “Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami dalam Kemasan.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia 7.1 (2021): 127–134. Web.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devie Rahmawati, Giri Lumakto, Mila Viendyasari, Rizky Ameliah, Diaz Pranita, Nurita Andayani, Wirartri Anindhita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


