PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN DIGITAL PARA PELAKU INDUSTRI PARIWISATA

Authors

  • Rika Lusri Virga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Yudie Aprianto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Likha Sari Anggreni Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.59408/jasw.v2i2.13

Keywords:

pemasaran digital, pelatihan, pariwisata, pelaku usaha, pengembangan masyarakat

Abstract

Naskah ini membahas pentingnya pelatihan pemasaran digital bagi individu di industri pariwisata. Seiring dengan semakin digitalnya dunia, penting bagi para profesional pariwisata untuk mengembangkan keterampilan digital mereka agar tetap kompetitif. Penelitian ini menyoroti bagaimana strategi pemasaran digital yang efektif dapat meningkatkan visibilitas dan keterlibatan, yang pada akhirnya mendorong keberhasilan bisnis. Melalui program pelatihan, peserta belajar untuk menjelajahi berbagai platform digital, menciptakan konten yang menarik, dan memanfaatkan media sosial secara efektif. Temuan menunjukkan bahwa membekali pelaku industri dengan keterampilan ini tidak hanya menguntungkan bisnis mereka, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan keseluruhan sektor pariwisata. Dengan membangun budaya pembelajaran dan adaptasi yang berkelanjutan, industri pariwisata dapat berkembang di tengah lanskap digital yang terus berubah. Penelitian ini menekankan perlunya dukungan dan sumber daya yang berkelanjutan untuk memberdayakan para profesional, memastikan mereka siap menghadapi tantangan era digital.

References

Afandi, A., et al. "Metodologi pengabdian Masyarakat”. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.

Alford, Philip, and Rosalind Jones. "The lone digital tourism entrepreneur: Knowledge acquisition and collaborative transfer." Tourism Management 81 (2020): 104139.

Amalia, J. R., & Hanika, I. M. (2021). Tourism in digital era: The influence of digital marketing on the intention to visit museum. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(3), 274–287. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3703-16

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, 77–88. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/47%0Ahttp://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/download/47/30

Chaerudin, Ali. Manajemen pendidikan dan pelatihan SDM. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Elshifa, Aria, et al. "Analisis pengaruh pendidikan, pelatihan, dan dukungan kelembagaan terhadap keberhasilan usaha mikro”. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan 1.03 (2023): 123-134.

Gupta, Gunjan. "Inclusive use of digital marketing in tourism industry." Information Systems Design and Intelligent Applications: Proceedings of Fifth International Conference INDIA 2018 Volume 1. Springer Singapore, 2019.

Jadhav, Swati V., et al. "Improve Communication Skills using AI." 2023 International Conference on Emerging Smart Computing and Informatics (ESCI). IEEE, 2023.

Kurniawan, Fajar Adhi, Muh Luthfi Hakim, and M. Sofyan Alnashr. "Digital Promotional Content Training to Increase Tourist Attraction." Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan 22.2 (2022): 301-320.

Kumari, P. Anitha. "Role of Digital Marketing in Promoting Training Programs: A Study in Bangalore [J]." International Journal of Innovative Research and Development 3 (2014): 12.

Kozinet, R. . (2009). Netnography: Doing Ethnographic Research Online (1st ed.). SAGE Publications Ltd.

Metin, İsmail. "The effect of digital marketing tools on the export of the Turkish SMEs." Journal of Human Sciences 13.3 (2016): 4697-4709.

Nurbaiti, D., Yulius, Y., & Limakrisna, N. (2024). Examining How Digital Marketing Affects the Development of the Tourism Industry. Procedia Environmental Science, Engineering and Management, 11(2), 277–283.

Permana, Kadek Ardi, dan Agus Putu Abiyasa. "Menakar Digital Marketing Pada Lembaga Pendidikan Pariwisata." Jurnal Manajemen Bisnis 16.3 (2019): 48-61.

Stone, Merlin. "Building digital skills through training." Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice 16 (2014): 3-14.

Suryani, W., Tobing, F., Rafiki, A., & Fauzan, N. (2022). Opportunities and challenges of digital tourism in the new normal. Handbook of Research on Artificial Intelligence and Knowledge Management in Asia’s Digital Economy, November, 233–244. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-5849-5.ch014

Zhygalkevych, Z., Zalizniuk, V., Smerichevskyi, S., Zabashtanska, T., Zatsarynin, S., & Tulchynskiy, R. (2022). Features and Tendencies of the Digital Marketing Use in the Activation of the International Business Activity. International Journal of Computer Science and Network Security, 22(1), 77–84.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

Virga, R. L., Aprianto, Y., & Anggreni, L. S. (2025). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN DIGITAL PARA PELAKU INDUSTRI PARIWISATA . Jurnal Pengabdian Masyarakat Satya Widyakarya, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.59408/jasw.v2i2.13

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.