LITERASI SAINS DAN EKONOMI SIRKULER BAGI SISWA SMPN 41 SURABAYA: PENDEKATAN KOMUNIKASI SAINS KOLABORATIF MELALUI FILM PENDEK

Authors

  • A.A.I Prihandari Satvikadewi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Azizah Adhelia Wulandari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adiska Putria Nova Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59408/jasw.v2i2.10

Keywords:

Film Pendek, Komunikasi Sains Kolaboratif, Emisi Nol Karbon, Ekonomi Sirkuler, Peningkatan Literasi

Abstract

Dengan ditetapkannya target Nol Emisi Karbon pada 2060 untuk mengatasi perubahan iklim, literasi sains di kalangan generasi muda Indonesia mutlak diperlukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menjawab tantangan itu. Dengan menggunakan film pendek sebagai media literasi, siswa SMPN 41 Surabaya diperkenalkan kepada konsep Nol Emisi Karbon dan ekonomi sirkuler. Bekerja sama dengan Wisma Jerman, pemutaran film-film pendek dari Science Film Festival Goethe Institute dipadukan dengan eksperimen sains sederhana untuk memperkuat pemahaman. Pendekatan Komunikasi Sains Kolaboratif diterapkan melalui lima tahapan: dialog langsung, membangun kepercayaan, komitmen pada proses, pemahaman bersama, dan hasil antara. Hasilnya, siswa lebih tertarik mempelajari sains dan memahami keberlanjutan, sementara guru terinspirasi mengadopsi media serupa dalam pembelajaran. Program ini menunjukkan bahwa film pendek dapat menjadi alat efektif dalam meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap isu-isu kompleks dan mendorong partisipasi mereka dalam solusi keberlanjutan.

References

Burns, Terry W., O'Connor, D. John Stocklmayer, Susan M. (2003). Science Communication: A Contemporary Definition, Journal of the Public Understanding of Science, Vol. 12. HAL. 183-202.

Kose, Siti Syafania. Science Film Festival 2024, Jurus Menginspirasi Generasi Muda Lindungi Lingkungan Lewat Film dan Eksperimen. https://www.liputan6.com/global/read/5749456/science-film-festival-2024-jurus-menginspirasi-generasi-muda-lindungi-lingkungan-lewat-film-dan-eksperimen

Marcinkowski, Frank Kohring, Matthias. (2014). The Changing Rationale of Science Communication: A Challenge to Scientific Autonomy. Journal of Science Communication, Vol. 13, pp. 1-18.

Santoro, Flávia Maria., Borges, Marcos R.S., Santos, Neide. (2004). Planning the Collaboration Process: One-way to Make it Happen. CSCWD 2004 - 8th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design - Proceedings. Vol. 2. June. 611-615

Science Film Festival ke-15: Wujudkan Emisi Nol Bersih dan Ekonomi Sirkular. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/10/science-film-festival-ke15-wujudkan-emisi-nol-bersih-dan-ekonomi-sirkular.

Siaran Pers Science Film Festival 2024 Soroti Tema “Emisi Nol Bersih Dan Ekonomi Sirkular“ Kepada Pelajar Di 100 Kota.

Yefri. Science Film Festival 2024 Menginspirasi Generasi Muda Melalui Sains dan Sinema. https://event.tempo.co/read/1929686/science-film-festival-2024-menginspirasi-generasi-muda-melalui-sains-dan-sinema

Downloads

Published

2025-04-14

How to Cite

Satvikadewi, A. P., Paramita, F. B. A. C., Wulandari, A. A., & Nova, A. P. (2025). LITERASI SAINS DAN EKONOMI SIRKULER BAGI SISWA SMPN 41 SURABAYA: PENDEKATAN KOMUNIKASI SAINS KOLABORATIF MELALUI FILM PENDEK . Jurnal Pengabdian Masyarakat Satya Widyakarya, 2(2), 75–89. https://doi.org/10.59408/jasw.v2i2.10

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.